Menu


Gatekeeper

Definisi Gatekeeper

Sebuah gatekeeper adalah sebuah entitas H.323 pada jaringan yang menyediakan layanan seperti terjemahan alamat dan kontrol akses jaringan untuk terminal H.323, gateway, dan MCUs. Juga, mereka dapat menyediakan layanan lain seperti manajemen bandwidth, akuntansi, dan rencana cepat yang Anda dapat memusatkan untuk memberikan salability.

Gatekeeper secara logis terpisah dari endpoint H.323 seperti terminal dan gateway. Mereka adalah opsional pada jaringan H.323. Tetapi jika sebuah gatekeeper hadir, endpoint harus menggunakan layanan yang diberikan.
Gatekeeper Zona dan Subnets

Zona A adalah kumpulan node H.323 seperti gateway, terminal, dan MCUs terdaftar dengan gatekeeper. Hanya ada satu gatekeeper aktif per zona. Zona ini dapat overlay subnet dan satu gatekeeper dapat mengatur gateway dalam satu atau beberapa subnet.


Fungsi Gatekeeper

Standar H.323 mendefinisikan wajib dan opsional fungsi gatekeeper:
Wajib Gatekeeper Fungsi

1. Address Translation - Menerjemahkan H.323 ID (seperti gwy1@domain.com) dan E.164 nomor (nomor telepon standar) ke alamat IP endpoint.

2. Admission Control - Kontrol titik akhir masuk ke dalam jaringan H.323. Untuk mencapai hal ini, penjaga gerbang menggunakan ini:

2. H.225 Registration, Admission, and Status (RAS) messages
3. Admission Request (ARQ)
4. Admission Confirm (ACF)
5. Admission Reject (ARJ)

Bandwidth Control-Terdiri dari pengelolaan kebutuhan bandwidth titik akhir. Untuk mencapai hal ini, penjaga gerbang ini menggunakan H.225 RAS pesan:

# Bandwidth Request (BRQ)
# Bandwidth Confirm (BCF)
# Bandwidth Reject (BRJ)

Zona-Manajemen Para gatekeeper menyediakan manajemen zona untuk semua endpoint terdaftar di zona itu, misalnya, kontrol dari proses pendaftaran titik akhir.

Fungsi Opsional Gatekeeper

# Call Authorization - Dengan pilihan ini, gatekeeper dapat membatasi akses ke terminal tertentu atau gateway dan / atau memiliki waktu-of-hari kebijakan membatasi akses.

# Call Management - Dengan pilihan ini, penjaga gerbang menangani informasi panggilan aktif dan menggunakannya untuk menunjukkan titik akhir sibuk atau mengarahkan panggilan.

# Bandwidth Management - Dengan pilihan ini, gatekeeper dapat menolak masuk ketika bandwidth yang dibutuhkan tidak tersedia.

# Call Control Signaling - Dengan pilihan ini, gatekeeper dapat rute panggilan-sinyal pesan antara endpoint H.323 dengan penggunaan model Gatekeeper-Routed Call Signaling (GKRCS). Atau, memungkinkan endpoint untuk mengirim panggilan H.225-call signaling langsung satu sama lain.

H.323 Protocol Suite

H.323 protocol suite dibagi menjadi tiga bidang utama kontrol:

# RAS (H.225) sinyal
# Call Control / Call Setup (H.225)
# Media Control and Transport (H.245) signaling

0 Comment:

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Posting Komentar